Laman

Rabu, 07 Desember 2011

My Name is Khan



Kali ini saya akan membahas tentang film yang booming pada bulan Februari lalu. Film ini berjudul MY NAME IS KHAN. Film yang disutradarai oleh Karan Johar ini terbilang sukses karena di berbagai negara di luar India penjualan tiketnya banyak yang ludes habis terjual dalam waktu singkat. Di box office Inggris film ini menduduki peringkat enam. My Name Is Khan meraup USD1,4 juta sepanjang masa penayangan perdana dari tanggal 12-14 Februari. Film ini dibintangi oleh bintang ternama India seperti, Shahrukh Khan dan Kajol. Shahrukh Khan disini mendapatkan posisi peran utama bermain sebagai seorang muslim bernama Rizvan Khan. Rizvan Khan disini diceritakan menderita penyakit Asperger’s Syndrome sejak lahir. Penyakit ini bisa juga dikatakan cacat mental. Meski Rizvan menderita cacat mental sejak kecil namun dia tidak cacat hati. Dia memiliki hati yang murni penuh cinta. Itu tampak dari kepribadiannya yang sangat menyayangi ibunya, adiknya, tidak pernah melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim, dan juga dia suka menolong sesamanya.
Suatu hari, Rizvan harus menerima kenyataan pahit bahwa ibunya telah pergi menghadap Illahi. Sepeninggal sang ibu, Rizvan pun memutuskan untuk menyusul sang adik yang tinggal di San Fransisco, Amerika Serikat. Di negara inilah Rizvan menemukan cinta sejatinya. Seorang janda beranak satu yang bernama Mandira (Kajol)-lah yang mampu menarik perhatian Rizvan. Mereka berdua memiliki keyakinan yang berbeda. Rizvan seorang muslim sedangkan Mandira seorang hindu. Meski begitu pada akhirnya mereka tetap menikah.
Awal kehidupan pernikahan mereka berjalan dengan penuh kebahagiaan. Namun, itu semua tidaklah berlangsung lama. Pada suatu pagi yang cerah tiba-tiba saja semuanya berubah. Penyebabnya adalah adanya serangan terorisme yang menyerang gedung kembar WTC atau yang sekarang lebih dikenal dengan peristiwa 9/11. Semua muslim disana dianggap sebagai teroris dan dikucilkan dari lingkungan sekitar. Kehidupan rumah tangga Rizvan dan Kajol yang awalnya bahagia berubah total menjadi suram. Terlebih lagi setelah mereka tahu bahwa ternyata tetangga dekat mereka menjadi salah satu korban yang tewas dalam peristiwa itu. Anak mereka pun dimusuhi oleh sahabatnya. Selain itu, usaha salon milik Mandira juga terkena imbasnya. Hidup mereka berubah menjadi penuh kesulitan.
Sampai pada suatu saat, anak mereka ditemukan tewas akibat dikeroyok oleh sekelompok remaja. Sejak saat itulah kehidupan rumah tangga antara Mandira dengan Rizvan menjadi berantakan. Mereka terpaksa harus berpisah karena Mandira menganggap ini semua akibat dia menikah dengan seorang muslim. Mandira pun meminta Rizvan untuk menemui Presiden Amerika dan mengatakan bahwa ia bukanlah seorang teroris meski ia seorang muslim. Rizvan pun memenuhi permintaan Mandira dan mulailah dia berpetualang menuju ke gedung putih untuk bertemu dengan Presiden. Di tengah perjalanan Rizvan menemui banyak kendala berarti. Namun, Rizvan selalu bisa mengatasinya sampai pada akhirnya dia berhasil mewujudkan permintaan dari Mandira. RIzvan pun berkata, “My name is Khan and I’m not a terorist”.
Info Resensi Film MY NAME IS KHAN
Genre : Drama
Release Date : February 12, 2010
Director : Karan Johar
Script : Shibani Bathija, Shibani Bathija, Niranjan Iyengar
Producer : Hiroo Yash Johar, Gauri Khan
Distributor : Fox Searchlight Pictures
Duration : 161 minutes
Budget : US$21 million

Tidak ada komentar:

Posting Komentar